Selasa, 14 Juli 2009

Rekapitulasi Nasional akan digelar 22-24 Juli 2009

Jakarta, mediacenter.kpu.go.id--Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakin rekapitulasi nasional hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres) 2009 akan dilaksanakan sesuai jadwal, tanggal 22-24 Juli 2009.

“Pada tanggal 22-23 Juli, kami akan mengundang seluruh anggota KPU provinsi, PPLN, Bawaslu dan para saksi untuk sama-sama melaporkan hasil rekapitulasi di masing-masing wilayah,” kata Anggota KPU Andi Nurpati.

Andi berharap wilayah di seluruh Indonesia dapat menyelesaikan rekapitulasi di tingkat PPK, sesuai jadwal yang ditentukan. Rekapitulasi nasional tersebut akan digelar di kantor KPU, dengan target penyelesaian selama dua hari, maka pada 24 Juli akan diketahui angka pasti hasilnya secara pasti.

Pasca rekapitulasi ada waktu selama 3 x 24 jam untuk ruang pengajuan perselisihan hasil pilpres ke Mahkamah konsittusi, sehingga hasil tersebut belum bisa dinyatakan final. Tetapi jika memang tidak ada, KPU akan menetapkan hasil itu sebagai hasil yang final, untuk ditetapkan calon terpilih.

“Jika terdapat calon dengan perolehan suara sah lebih dari 50%, dengan sebaran di lebih dari 17 provinsi sebanyak 20%, maka putaran kedua yang dijadwalkan dilaksanakan pada 8 September tidak diperlukan, tetapi jika tidak ada satu calon pun memperoleh suara seperti ketentuan di atas, maka putaran kedua akan dilaksanakan sesuai jadwal,” tambah Andi.

Dari pemantauan ketiga anggota KPU, Andi Nurpati, Syamsul Bahri dan Endang Sulastri, di PPK Kebayoran Baru, sebanyak 10 kelurahan dan 237 TPS di wilayah tersebut akan selesai di rekapitulasi pada hari ini.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta Selatan, dari 10 Kecamatan, 3 diantaranya telah selesai melakukan rekapitulasi dan telah ditanda tangani saksi, yaitu Mampang Prapatan, Setiabudi dan Pesanggrahan. Lima kecamatan lainnya, sudah selesai melaksanakan rekapitulasi tetapi belum ditandatangani, sedangkan Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama akan selesai hari ini.

“DKI bisa menyelesaikan hari ini. Sementara daerah lainnya yang belum selesai, maksimal, penyelesaiannya besok,” tambah Andi.



Sumber : http://mediacenter.kpu.go.id/berita/787-rekapitulasi-nasional-akan-digelar-22-24-juli-2009.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar